Hacker Mulai Incar Pembangkit Listrik

8 08 2010

Para ahli menemukan kode komputer yang dibuat untuk mengambil alih instalasi industri

Peretas komputer mulai membidik pembangkit listrik dan instalasi kritis lainnya di seluruh dunia dalam rangka mengambil alih kontrol, membuat kekacauan untuk melemahkan sistem usang yang sudah ringkih.

Sebenarnya, pelaku kriminal dunia maya sudah lama berupaya dan kadang berhasil menembus jaringan penting. Akan tetapi, bulan lalu para ahli telah menemukan kode komputer merusak atau worm yang khusus dibuat untuk mengambil alih sistem yang mengontrol bagian dalam instalasi industri.

“Kode berbahaya jenis ini dan kode lainnya yang kami lihat benar-benar menyerang komponen fisik yang membuka tutup pintu, menjalankan kendaraan dan membuka gerbang,” kata Sean McGurk, Director of Control Systems Security for Homeland Security.

McGurk menyebutkan, hacker kini tidak hanya menyasar kode komputer. “Kini mereka menyerang perangkat yang benar-benar membuat atau melakukan proses fisik,” sebutnya, seperti dikutip dari The Age, 4 Agustus 2010.

Menanggapi berkembangnya ancaman, US Department of Homeland Security telah mulai membangun tim spesial yang bisa merespons cepat terhadap kondisi darurat di dunia maya pada seluruh fasilitas industri di seluruh pelosok Amerika Serikat.

Sebanyak 85 persen infrastruktur penting negeri tersebut dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan swasta, mulai dari pembangkit listrik tenaga nuklir sampai sistem transportasi dan manufaktur. Banyak serangan baru telah berlangsung di luar AS, akan tetapi tren terbaru di atas cukup mengkhawatirkan bagi keamanan instalasi di dalam negeri AS.

Pihak berwenang sendiri belum memastikan sistem operasi apa yang menjadi sasaran oleh worm komputer terbaru. Akan tetapi para pakar mengkhawatirkan maraknya pertumbuhan serangan pada sistem industrial.
http://www.ristek.go.id


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: